Doktor Pendidikan Agama Kristen
(Akreditasi "BAIK")


Visi

Menjadi Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen yang bermutu, mandiri dan inovatif dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi; melahirkan penemuan baru melalui kurikulum dan teologi pendidikan agama Kristen bagi masyakarat dan gereja yang berdasarkan nilai-nilai Kristiani dan Pancasila pada tahun 2030.

Misi

Untuk mencapai visi ini, Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen, Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia mengemban misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK) berdasarkan kaidah keilmuan yang berbasis pada integrasi iman Kristen.
  • Membangun sumber daya manusia yang profesional, inovatif, kreatif, dan berintegritas untuk menguasai prinsip-prinsip Teologi dan Kurikulum PAK.
  • Melaksanakan riset untuk penemuan baru serta mengembangkan kurikulum dan teologi PAK berdasarkan kaidah ilmiah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kristiani yang berkarakter.
  • Mengembangkan kerjasama dengan institusi nasional/internasional, pemerintah dan lembaga kristiani dengan semangat ekumenis dan multi-religio yang berkelanjutan.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan pendidikan Program Studi Doktor, yaitu:

  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang Pendidikan Agama Kristen (PAK), dan yang berkualifikasi dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan kaidah keilmuan yang berbasis pada integrasi iman Kristen.
  • Menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Agama Kristen yang profesional inovatif, kreatif, dan berintegritas untuk menguasai prinsip-prinsip kurikulum dan teologi PAK.
  • Menghasilkan penemuan baru serta mengembangkan kurikulum dan teologi PAK berdasarkan kaidah ilmiah yang menjunjung tinggi nilai-nilai kristiani yang berkarakter.
  • Menghasilkan hubungan kerjasama tridharma perguruan tinggi dengan institusi nasional/internasional, gereja, pemerintah dan institusi kristiani lainnya; dengan semangat ekumenis dan multi-religio yang berkelanjutan.

Nilai-Nilai Utama

Dalam melaksanakan kegiatannya Civitas Akademika wajib menjunjung tinggi dan mangamalkan nilai-nilai UKI sebagai berikut:

  • Rendah hati (Humility, Filipi 2:3b). Sikap rendah hati akan memberikan rasa senang (comfort) bagi orang lain, dan tercermin dalam perilaku yang ramah, baik, murah senyum, sabar, siap menolong, komunikatif, pengertian, respek, dan melayani dengan hati.
  • Berbagi dan peduli  (sharing and caring, Ibrani 10:24). Sikap berbagi dan peduli dapat dirasakan orang lain dalam bentuk empati, dan tercermin dalam perilaku yang bersedia untuk mendengar, menghargai orang lain, penuh pengertian, murah hati, bersedia memberikan waktu dan perhatian, dan bersedia memberi informasi yang diperlukan (informative).
  • Disiplin (discipline, Efesus 5:16). Sikap disiplin akan membangun konsistensi, dan tercermin dalam perilaku kerja yang tepat waktu, taat pada peraturan (compliance), dan konsisten.
  • Profesional (professional, Matius 25:21). Sikap profesional akan memberikan rasa puas bagi orang lain, dan tercermin dalam perilaku yang cepat dan tepat waktu dalam memberi respon, akurat, dapat bekerjasama, ahli dan kompeten, memberi pelayanan yang terbaik,  dapat dijamin (assurance), membawa terobosan-terobosan, dan membawa perbaikan yang terus-menerus (continuous improvement).
  • Bertanggung jawab (responsibility, Bilangan 4:49). Sikap bertanggungjawab akan membangun kepercayaan, dan tercermin dalam perilaku yang dapat dipercaya, transparan, adil, taat pada peraturan (compliance), mampu mempertimbangkan risiko, dan terbuka terhadap masukan (open to suggestions).

Prinsip Dasar Prodi Doktor Pendidikan Agama Kristen

Sebagai bagian dari Universitas Kristen Indoneesia yang merupakan perguruan tinggi swasta yang bersifat nirlaba, maka Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia dikembangkan berdasar prinsip-prinsip dasar sebagai berikut:

  • Aktualisasi nilai-nilai Kristiani yang berlandaskan filosofis Pancasila, UUD 1945, yang hakikat penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dilandasi motto UKI: “Melayani, bukan Dilayani”
  • Mengacu pada prinsip-prinsip organisasi yang sehat dan otonom melalui program-program yang berkelanjutan, transparan, akuntabel dan mampu meningkatkan kesejahteraan serta daya saing bangsa.

Jadwal Kuliah dan Masa Studi

Jadwal Kuliah : 16 Pertemuan
Masa Studi : 3 Tahun (Perkuliahan Sistem Regular dan jika memungkinkan akan dibuat Sistem Blended Learning (BL).

Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa Baru Prodi Doktor Pendidikan Agama Kristen

  1. Berijazah Sarjana (S1) dan Magister (S2) Perguruan Tinggi dari semua Disiplin Ilmu dari PTN dan PTS terakreditasi BAN-PT Minimal B
  2. IPK Minimal 2.75
  3. Melakukan Pendaftaran Online melalui pmb.uki.ac.id
  4. Scan Ijazah S1 dan S2 Legalisir
  5. Scan Transkrip Nilai S1 dan S2 Legalisir
  6. Scan Identitas Diri
  7. Pas Foto Latar Merah 3x4
  8. Scan Cover Skripsi dan Tesis
  9. Scan Sertifikat TOEIC – 550
  10. Lampiran Paper : *Alasan untuk Kuliah Program Doktor PAK di Universitas Kristen Indonesia (10 Hlmn) **Rencana Pelayanan/Pekerjaan setelah studi program Doktor PAK ***Rencana Penelitian Disertasi (8 Hlmn)
  11. Lulus TPA, Bahasa Inggris, dan Wawancara
  12. Biaya matrikulasi bagi lulusan non PAK/Teologi adalah Rp 1.200.000

Contact Person

Gilbert Sagala 0819-0683-6730 (Staf Prodi Doktor PAK)