The    Effect    of    School    Leadership    and    Teacher    Training    on Teacher Performance at Senior High School 1 Tondon North Toraja District(Pengaruh Kepemimpinan   Kepala   Sekolah   dan   Pelatihan   Guru   terhadap   Kinerja Mengajar Guru didi SMP Negeri 1 Tondon Kabupaten Toraja Utara)

The articlewas   to analyse   the teacher   teaching   performance,   principal leadership,  and  teacher  training  at  Senior  High  School  1  Tondon  North Toraja  District,to  analyze  the  influence  of  the  principal's  leadership  on  the teaching  performance  of  teachers,  and the  effect  of  teacher  training on teacher  teaching  performance,  and the  influence  of  principal  leadership  and teacher  training on  teacher  teaching  performance. The  researchersuseda quantitative   method   with   an   associative   research   approach   to   causal relationships. The samples were obtained using saturated sampling (census). The  data was obtained  through  a  research  instrument  in  the  form  of  a questionnaire.The   correlation   analysis data   showed   that   there   wasa positive effect of teacher training on teacher teaching  performance at  SMPN 1  Tondon,  North  Toraja  Regency.  The  value  of  the  derivation  coefficient between  the  2  variables  was  0.850  or  85.0%.  That  was, the  teacher  training variable  wasable  to  explain  the  variation  in  teacher  teaching  performance variables 85.0%.  The  results  of  simple  regression  analysis  showedthat teacher  training  has  a  significant  and  positive  effect  on  teacher  teaching performance  at  SMPN  1Tondon,  North  Toraja  Regency.  It means  that  if teacher training improves, teacher teaching performance willbeincrease.

Keywords: Teachers’ Leadership,, Teacher Teaching Performance, School Leadership

 


PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA TINGKAT MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN SE -KECAMATAN BUNTU PEPASAN

Abstrak  menggambarkan  konten  dasar  dari  tulisan  dengan  jelas  dan  singkat, sehingga dapat dipakai sebagai panduan bagi pembaca dalam menentukan. Kata Kunci: huruf, jurnal, format Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Fasilitas Belajar   dan   Komunikasi   Keluarga   Terhadap   Motivasi   Belajar   Siswa   Tingkat Menengah  Atas  Se  Kecamatan  Buntu  Pepasan  .Dalam  penelitian  ini  pendekatan yang   digunakan   adalah   pendekatan   kuantitatif.Teknik   pengambilan   sampel menggunakan  teknik  purposive  sampling.  Jumlah  sampel  sebanyak  62  orang. Teknik   pengumpulan   data   dilakukan   dengan   membagikan   kuisioner   secara langsung  ketempat  penelitian.  Uji  instrumen  dan  analisis  data  dilakukan  dengan bantuan SPSS Versi 25. Dalam pengujian hipotesis dilakukan uji parsial dengan uji “t”, diperoleh nilai signifikan untuk variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu fasilitas  belajar  (X1)  sebesar  0,009<0,05  dan  komunikasi  keluarga  (X2)  sebesar 0,000 < 0,05.Besar pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa 0,384 atau 38,4%.,besar pengaruh komunikasi keluarga terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,208 atau 20,8%.Besar pengaruh variabel X1dan X2 terhadap variabel Y 
Johanis Martoguhun1, Mesta Limbong2, Hotmaulina Sihotang3PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA TINGKAT MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN SE -KECAMATAN BUNTU PEPASAN| 84sebesar  0,325 atau 32,5%.Pengaruh  ini  masih  perlu  ditingkatkan  dengan  cara meningkatkan  pengadaan  fasilitas  belajar  yang  memadai  di  sekolah  maupun  di rumah  serta  meningkatkan  komunikasi  dari  pihak  keluarga  sebagai  pemberi dukungan dan semangat belajar kepada siswa SMA dan SMK se-Kecamatan Buntu Pepasan.

Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Komunikasi Keluarga,Motivasi.

 


HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SERAM BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  ada  hubungan  antara  kepemimpinan kepala   sekolah   dan   budaya   kerja   dengan   kinerja   guru,   baik   itu   hubungan   antara kepemimpinan  dengan  kinerja  guru  atau  budaya  kerja  dengan  kinerja  guru  maupun hubungan  secara  bersama-sama  antara  kepemimpinan  kepala  sekolah  dan  budaya  kerja dengan  kinerja  guru.Penelitian  ini  dilakukan  di  Sekolah  SMA  Negeri  1  Seram  Barat dengan  menggunakan  metode  survey  dengan  pendekatan  korelasional.  Jumlah  sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang dari 52 populasi, dan teknik yang digunakan dalam pengambilan  sampel  adalah probability  samplingdengan  bagian  yang  digunakan  adalah simple random samplingserta dalam menganalisis digunakan statistik deskritif dan dalam uji  persyaratan  analisis  digunakan  uji  normalitas,  uji  korelasi  dua  variabel,  uji  regresi berganda dan uji hipotesis statistik.Hasil pengolahan data dengan Uji normalitas one sampel Kolmogorov-smirnov  diperoleh nilai  signifikansi  sebesar  0,200  itu  berarti  nilai  residualnya  adalah  normal  dan  nilai korelasi diperoleh besarnya hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru adalah  0,  535  dan  besarnya  hubungan  budaya  kerja  dengan  kinerja  guru  adalah  0,0,535 hasil  korelasi  menunjukkan  ada  hubungan    antara  kepemimpinan  kepala  sekolah  dan iklim  kerja  dengan  kinerja  guru  sedangkan  dari  hasil  perhitungan  regresi  ganda  adalah tidak  ada  hubungan  antara  kepemimpinan  kepala  sekolah  dengan  kinerja  guru,  tidak  ada hubungan  antara  budaya  kerja  dengan  kinerja  guru  tetapi  ada  hubungan  secara  bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru. Dengan demikian hipotesis nol dan hipotesis alternatif sama-sama diterima.

Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Kinerja Guru

 


Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengimlementasikan Kurikulum 2013 Dalam Education 4.0

Pengabdian  kepada  masyarakat  merupakan  bagian  integral  tri  dharma  perguruan  tinggiyang melibatkan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan makna kebermanfaatan keberadaan Program Magister Administrasi Pendidikan kepada sekolah  Kasih  Immanuel  dalam  meningkatkan  kompetensi  mengimplementasikan  kurikulum  2013. Populasi  seluruh  guru  SD,  SMP,  SMA  Kasih  Immanuel  sebanyak  15  orang  dan  sampel  penelitian seluruh guru,  namun  yang hadir  12 orang.  Data  diperoleh  dengan  wawancara  mendalam  terhadap kepala  sekolah  dan  guru.  Selain  itu  data  diperoleh  melalui  instrumen  pre  test  dan  post  test.  Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengabdian kepada masyarakat  menunjukkan: (1) Guru  mengajar  merangkap  di  SD,  SMP,  dan  SMA,  (2)  Guru  yang  memenuhi  standar  kualifikasi pendidikan  50%,  (3)  Guru yang  sudah  tersertifikasi  25%,  dan  (4)  Pemberian  bimbingan  teknis implementasi  kurikulum  2013  sangat  bermanfaat  meningkatkan  kompetensi  pedagogik,  personal, sosial   dan   profesional.   Implikasi   pengabdian   kepada   masyarakat   guru   semakin   termotivasi melengkapi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan meningkatkan profesionalitas guru.

Kata kunci: Kompetensi, implementasi, Kurikulum 2013

 


ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR DIGITAL MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MUTU SDM GURU MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI ERA NEW NORMAL

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui: Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video . Untuk Meningkatkan Mutu SDM Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi pada Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal. Untuk menjamin kualitas pembelajaran tatap muka yang lebih bermakna bagi peserta didik di era new normal.Analisis ini melibatkan seluruh populasi (Nonprobability Sampling). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 61 Guru dan 32 siswa kelas VIII.1 siswa SMPN 2 Rantepao. Mutu SDM Guru SMPN 2 Rantepao melalui Pemanfaatan Teknologi cukup baik dalam memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi, sumber belajar dan sebagai alat evaluasi hasil belajar TCR masing – masing adalah 73,44%, 74,42% dan 72,13% dan juga guru – guru SMPN 2 Rantepao sudah cukup baik dalam menggunakan sumber belajar digital media video sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran dengan TCR 75,30%. Hasil analisis siswa kelas VIII.1 SMPN 2 Rantepao menunjukkan bahwa ternyata Penggunaan Sumber Belajar Digital Media Video tinggi dalam mewujudkan situasi belajar efektif kepada siswa dengan TCR 82,25% pada pembelajaran tatap muka di era new normal. Namun guru – guru SMPN 2 Rantepao masih kurang baik dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dengan TCR sebesar  63,93% dan merancang sumber belajar digital media video untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan TCR 63,60%.

Kata kunci : Sumber Belajar digital, Media Video, Mutu SDM Guru, Era New Normal


ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN PPKn PADA TATAP MUKA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 2 RANTEPAO

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran dan PPKn pada tatap muka masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantepao dan meningkatkan hasil prestasi siswa . Subjek penelitiannnya adalah guru mapel PPKn. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan literartur review dan pohon masalah,pohon harapan,Pohon alternatif/solusi. Teknik pengumpulan data, menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan rendahnya kemampuan guru dalam membuat perencannaan pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Adanya kendala yang dihadapi  guru dalam perencanaan pembelajaran PPKn yaitu kurangnya penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode,teknik-teknik dan media belajar yang tepat. Dari hasil penelitian ini disarankan sebaiknya. Sebaiknya pihak sekolah SMPN 2 Rantepao dalam meningkatkan prestasi siswa dan tercapainnya perencanaan pembelajaran PPKn yang baik  maka perlu ;1)Mengadakan pelatihan penggunaan metode dan media pembelajaran yang baik sesuai kurikulum covid-19,2)Mengadakan sosialisasi kurikulum darurat covid-19,3)Peningkatan kompetensi guru melalui Musyawarah Guru Mata pelajaran

Kata Kunci : Kemampuan Guru,Perencanaan pembelajaran PPKn ,Tatap Muka, Pandemi Covid 19

 


Penyuluhan Dampak Pernikahan dini Bagi Perempuan

Pernikahan dini adalah pernikahan yang berlangsung di usia yang belum genap 18 tahun. Fenomena tersebut di Indonesia masih menjadi sorotan karena jumlahnya yang semakin meningkat. Padahal, dampak yang ditimbulkan dari pernikahan dini sangat kompleks, terutama bagi pihak perempuan. Salah satu bentuk upaya pencegahan terjadinya pernikahan dini adalah melalui pemberian penyuluhan berisi informasi kerugian atau dampak negatif dari pernikahan dini terutama bagi perempuan. Penyuluhan sebaiknya diberikan kepada berbagai pihak yang dapat berkontribusi untuk menekan angka pernikahan dini, salah satunya adalah guru di sekolah. Interaksi guru dengan murid yang cukup intens, dapat menjadi peluang bagi guru untuk memberikan pemahaman bagi siswa serta orangtua siswa mengenai kerugian atau dampak negatif dari pernikahan dini. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini memberikan penyuluhan kepada seluruh guru-guru perempuan yang mengajar di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di wilayah perkebunan kelapa sawit Pekanbaru milik PT. Astra Agro Lestari. Hasil dari penyuluhan yang diberikan adalah bahwa seluruh guru-guru sepakat dan mendukung segala upaya yang dapat menekan angka kejadian pernikahan dini di wilayah perkebunan kelapa sawit dengan meneruskan hasil dari penyuluhan ini kepada siswa-siswa maupun orangtua siswa bahwa pernikahan seharusnya dilakukan saat seseorang telah siap secara mental, sosial maupun fisik. Hal tersebut akan berdampak positif bagi generasi baru yang berkualitas.

Kata kunci: pernikahan dini, guru, perempuan


Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja

Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa, 2) menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan 3) menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja. Menggunakan angket dalam mengumpulkan data. Teknik analisa data menggunakan persamaan linier. Hasil penelitian yang di peroleh: a) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja sebesar 3,197. b) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja sebesar 3,280. c) hasil uji F signifikan (sig.) sebesar 0,000, artinya kompetensi profesional guru dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja

Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa


EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA SMA KRISTEN BARANA’ PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA NEW NORMAL

Tujuan  dari  Penelitian  ini  untuk  mengevaluasi  hasil  belajar  siswa  SMA  Kristen  Barana’  pada  pembelajaran  tatap  muka    di  masa  new  normal.  Pembelajaran tatap   muka   dilaksanakan   karena   banyak   siswa,   orangtua   maupun   guru   mengeluhkan pembelajaran yang dilakukan secara online dari rumah disebabkan sulitnya  siswa  menerima  pembelajaran  dan  jaringan  yang  kurang  memadai.    Metode  penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif  melalui  studi  literatur,  observasi  dan  pendekatan  analisis  pohon  masalah  dengan  jumlah  sampel  366siswa.   Hasil   penelitian   ini   menunjukkan   bahwa   tujuan   pembelajaran   belum   tercapai    disebabkan    karena    hasil    belajar    siswa    yang    menurun    selama    pembelajaran  tatap  muka  dimasa  new  normal  ini,  sehingga  perlu  meningkatkan  minat  dan  motivasi  belajar  siswa  serta  keterampilan  guru  dalam  mendukung  peningkatan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: evaluasi, hasil belajar, pembelajaran tatap muka, new normal


ANALISIS PERSETUJUAN ORANG TUA TERHADAP RENCANA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMK SANTA MARIA JAKARTA

Kegiatan  belajar  dari  rumah  atau  disebut  juga  pembelajaran  jarak  jauh  (PJJ)  dilakukan  dengan  memanfaatkan  teknologi  disinyalir  memunculkan  beberapa  dampak  negatif  bagi  peserta  didik.  Pemerintah  kemudian  menetapkan  untuk  memberlakukan  Pembelajaran  Tatap  Muka  (PTM)  dengan  syarat-syarat  yang  ketat  yaitu  salah  satunya  persetujuan  orang  tua.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menganalisis  persetujuan  orang  tua  terhadap  rencana  pemelajaran  tatap  muka  terbatas  di  SMK  Santa  Maria  Jakarta.  Metode  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif  dengan  menyebarkan  survei  sederhana  kepada  orang  tua  dan  pendekatan  sebab-akibat  melalui  analisis  pohon  masalah,  pohon  sasaran,  dan  pohon alternatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa SMK Santa Maria Jakarta sebanyak 356 responden. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar orang tua setuju dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta.

Kata Kunci: persetujan, orang tua, pembelajaran, tatap muka


Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara

The purpose of this study was to analyze the effect of academic supervision of school supervisors on the performance teachers of Junior High School (SMP) at Tondon District, North Toraja Regency. The method used a quantitative method with an associative research approach to causal relationships. The results showed that there was an effect of academic supervision of school supervisors on the performance teachers of Junior High School (SMP at Tondon District, North Toraja Regency. It can be seen from the results of data analysis, where tcount> ttable, with t count of 6.250 and ttable of 2.014. The results of simple linear regression analysis of the regression equation are Ŷ = 1.063+0.685X, which shows the positive effect of the school supervisor's academic supervision variable on teacher performance variables. The coefficient of determination is 0.459, which means that 45.9% of the school supervisor's academic supervision variable affects the teacher performance variable. The remaining 54.1% of teacher performance variables from other factors.

Keywords: Academic Supervision, School Supervisors, Teacher Performance

 


PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI PADA SMK KRISTEN TAGARI

Penelitian ini membahas tentang perencanaan yang di lakukan oleh sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemic sesuai dengan keputusan pemerintah yang akan membuka kembali pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang .Adapun tujuan penelitian ini yaitu mencari solusi alternative yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam membuat perencenaan pembelajaran tatap muka yang yang aman dari penularan covid-19. Di dalam perencanaan tersebut beberapa hal yang dapat di lakukan sekolah anatara lain: 1).Melakukan vaksinasi kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah ,2).Meningkatkan imun peserta didik,pendidik dan tenaga kependidikan, 3).Mempersiapkan sarana dan prasarana yang sesuai protocol kesehatan .Pada penelitian ini menggunakan metode kualititaif dengan pendekatan sebab-akibat yang di jabarkan dalam bentuk pohon masalah,kemudian harapan-harapan di jabarkan dalam bentuk pohon sasaran dan alternative solusi yang dapat di lakukan untuk mewujudkan harapan yang telah di tentukan sebelumnya di jabrakan dalam bentuk pohon alternative.Adappun penelitian ini di lakukan di SMK Kristen Tagrai Rantepao


SURVEY KEPUASAN MITRA KERJA SAMA DPAK 2022/2023

Penyusunan laporan hasil Survey kepuasan penggunaan Lulusan Program Studi Doktor PAK UKI 

Hasil Laporan Survey kepuasan mitra kerja sama pada Program Studi Doktor PAK UKI pada tahun 2022/2023 


 

LAPORAN SURVEY KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN DOKTOR PAK

Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen Universitas Kristen Indonesia tahun 2023

Penyusunan laporan hasil Survey kepuasan penggunaan Lulusan Program Studi Doktor PAK UKI 

 

ANALISIS PERSETUJUAN ORANG TUA TERHADAP RENCANA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMK SANTA MARIA JAKARTA

Nevly Wisano Powa, Witarsa Tambunan, Mesta Limbong, Magister Administrasi Pendidikan

PPs-UKI, Jakarta, Indonesia

e-mail: [email protected], [email protected]

Abstrak

Kegiatan belajar dari rumah atau disebut juga pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan dengan memanfaatkan teknologi disinyalir memunculkan beberapa dampak negatif bagi peserta didik. Pemerintah kemudian menetapkan untuk memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan syarat-syarat yang ketat yaitu salah satunya persetujuan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persetujuan orang tua terhadap rencana pemelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menyebarkan survei sederhana kepada orang tua dan pendekatan sebab-akibat melalui analisis pohon masalah, pohon sasaran, dan pohon alternatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa SMK Santa Maria Jakarta sebanyak 356 responden. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar orang tua setuju dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Kata Kunci: persetujan, orang tua, pembelajaran, tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta.

Kata Kunci: persetujan, orang tua, pembelajaran, tatap muka

 

 


Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di SMK Kristen Bittuang (The Influence of Principal Leadership on the Quality of Education at Bittuang Christian Vocational School)

Kristina Borotoding, Mesta Limbong, Hotner Tampubolon,

Universitas Kristen Indonesia Email: [email protected] , [email protected] , [email protected] Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan pada SMK Kristen Bittuang. Teknik Sampel pada penelitian ini adalah Teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Berdasarkan pada rumusan masalah, hipotesis, dan hasil penelitian serta didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan pada SMK Kristen Bittuang. Hasil dari signifikansi (sig.) dalam uji t, diketahui bahwa nilai signifikansi Xsebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 ( 0,000 <0,05).

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

 


 

Pengaruh Kompetensi Guru dan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Online di SMK Kristen Tagari
Mikael Sampebua, Mesta Limbong, Witarsa Tambunan. Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta

e-mail: [email protected]

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dengan pembelajaran online di SMK Kristen Tagari Rantepao. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada oenelitian ini terdiri dari 24 guru mata pelajaran umum, dan 40 orang guru mata pelajaran kejuruan, serta semua siswa kelas XI SMK Kristen Tagari Rantepao yang terdiri dari 22 Rombel dengan Jumlah siswa 576 orang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu terdapat korelasi positif antara kompetensi guru dengan pembelajaran Online di SMK Kristen Tagari hubungan antara kompetensi guru dengan pembelajaran online merupakan hubungan yang sangat kuat dan tidak dapat dipisahkan, terdapat korelasi positif antara kinerja guru dengan pembelajaran online di SMK Kristen Tagari, terdapat korelasi positif antara kompetensi guru dan kinerja guru dengan pembelajaran online di SMK Kristen Tagari.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Pembelajaran Online

 


 

PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI PADA SMK KRISTEN TAGARI

Emik Pattanang, Mesta Limbong, Witarsa Tambunan

Magister Administrasi Pendidikan PPs-UKI, Jakarta, Indonesia

e-mail: [email protected] [email protected]

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang perencanaan yang di lakukan oleh sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemic sesuai dengan keputusan pemerintah yang akan membuka kembali pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang .Adapun tujuan penelitian ini yaitu mencari solusi alternative yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam membuat perencenaan pembelajaran tatap muka yang yang aman dari penularan covid-19. Di dalam perencanaan tersebut beberapa hal yang dapat di lakukan sekolah anatara lain: 1).Melakukan vaksinasi kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah ,2).Meningkatkan imun peserta didik,pendidik dan tenaga kependidikan, 3).Mempersiapkan sarana dan prasarana yang sesuai protocol kesehatan .Pada penelitian ini menggunakan metode kualititaif dengan pendekatan sebab-akibat yang di jabarkan dalam bentuk pohon masalah,kemudian harapan-harapan di jabarkan dalam bentuk pohon sasaran dan alternative solusi yang dapat di lakukan untuk mewujudkan harapan yang telah di tentukan sebelumnya di jabrakan dalam bentuk pohon alternative.Adappun penelitian ini di lakukan di SMK Kristen Tagrai Rantepao.

Kata Kunci: perencanaan, pembelajaran tatap muka, masa pandemi

 


 

Pengaruh Peran Guru dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Tana Toraja

Fery Micha Ballangan, Mesta Limbong, led V.R. Sitepu, 

Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Indonesia

ABSTRACT

The article was to determine the effect of the role of teachers and learning media on the students’ achievement motivation of vehicle engineering department at State of Vocational High School (SMK N) 4 Tana Toraja. The researchers used quantitative methods. This type of research was correlational research. Because this study was to determine whether there is a relationship between the two variables. To find out the size or height of the relationship was expressed in the form of a correlation coefficient. Analysis method used regression analysis, which ws a mathematical instrument that connects the functions between the independent variable and the dependent variable. The results of this study with Partial t test (Multiple Linear Regression) Based on the SPSS output above, it shows that the value of R Square or the coefficient of determination was 0.758. It means that the ability of the independent variable to explain the dependent variable was 0.758 or 75.8%. While the rest was determined by other variables not included in the study. The other influences were 1 - 0.758 = 0.242 or 24.2%. There was influence on the role of the teacher in guiding students on the learning achievement motivation of students at vehicle engineering department SMK N 4 Tana Toraja. There was influence that the use of learning media can increase achievement motivation of TKR students majoring at SMK N 4 Tana Toraja. There was an influence on the role of teachers and the use of instructional media to increase students’ achievement motivation of vehicle engineering department at State of Vocational High School (SMK N) 4 Tana Toraja

Keywords: Learning Media, The Role of Teachers on Student Achievement, Learning Motivation

 


 

HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SERAM BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Nora Sopaheluwakan

Mesta Limbong ( [email protected]

Lisa Gracia Kailola ( [email protected] )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru, baik itu hubungan antara kepemimpinan dengan kinerja guru atau budaya kerja dengan kinerja guru maupun hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Seram Barat dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang dari 52 populasi, dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling dengan bagian yang digunakan adalah simple random sampling serta dalam menganalisis digunakan statistik deskritif dan dalam uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas, uji korelasi dua variabel, uji regresi berganda dan uji hipotesis statistik. Hasil pengolahan data dengan Uji normalitas one sampel Kolmogorov-smirnov diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,200 itu berarti nilai residualnya adalah normal dan nilai korelasi diperoleh besarnya hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru adalah 0, 535 dan besarnya hubungan budaya kerja dengan kinerja guru adalah 0,0,535 hasil korelasi menunjukkan ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja dengan kinerja guru sedangkan dari hasil perhitungan regresi ganda adalah tidak ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, tidak ada hubungan antara budaya kerja dengan kinerja guru tetapi ada hubungan secara bersamasama antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru. Dengan demikian hipotesis nol dan hipotesis alternatif sama-sama diterima.

Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Kinerja Guru

 


 

“KUAT” MENJADI GURU, MENCERDASKAN SDM BERKUALITAS

Mesta Limbong, Agustinus Palimbong , Istarjo Ismail , Hesli Toding Rongko, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia

E-mail: [email protected] , [email protected] , [email protected] , [email protected]

Abstrak

“KUAT” dalam paparan ini sangat berhubungan erat dengan Karakter Kristus yang dapat membangun unity dalam proses pelayanannya dengan memiliki attitude, antusiasme dan tekun dalam melaksanakan tugas panggilan sebagai pendidik tekun dan profesional. Untuk itu, pendidik diharapkan mampu menindaklanjut dalam bentuk karya nya dalam proses pelayanan sebagai agent of chance di sekolah, maupun di masyarakat. Karena pendidik sebagai salah satu indikator yang menentukan keberhasilan pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Bangsa Indonesia membutuhkan SDM berkualitas dan mumpuni untuk membangun bangsa. Untuk itu, guru sebagai tenaga profesional berkontribusi dalam setiap tugas yang diembannya untuk menhasilkan SDM berkualitas melalui proses pendidikan.

Kata Kunci: Kuat; Guru Profesional, SDM Berkualitas.