HASIL PENULISAN
The articlewas to analyse the teacher teaching performance, principal leadership, and teacher training at Senior High School 1 Tondon North Toraja District,to analyze the influence of the principal's leadership on the teaching performance of teachers, and the effect of teacher training on teacher teaching performance, and the influence of principal leadership and teacher training on teacher teaching performance. The researchersuseda quantitative method with an associative research approach to causal relationships. The samples were obtained using saturated sampling (census). The data was obtained through a research instrument in the form of a questionnaire.The correlation analysis data showed that there wasa positive effect of teacher training on teacher teaching performance at SMPN 1 Tondon, North Toraja Regency. The value of the derivation coefficient between the 2 variables was 0.850 or 85.0%. That was, the teacher training variable wasable to explain the variation in teacher teaching performance variables 85.0%. The results of simple regression analysis showedthat teacher training has a significant and positive effect on teacher teaching performance at SMPN 1Tondon, North Toraja Regency. It means that if teacher training improves, teacher teaching performance willbeincrease.
Keywords: Teachers’ Leadership,, Teacher Teaching Performance, School Leadership
Abstrak menggambarkan konten dasar dari tulisan dengan jelas dan singkat, sehingga dapat dipakai sebagai panduan bagi pembaca dalam menentukan. Kata Kunci: huruf, jurnal, format Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Fasilitas Belajar dan Komunikasi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Tingkat Menengah Atas Se Kecamatan Buntu Pepasan .Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 62 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner secara langsung ketempat penelitian. Uji instrumen dan analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS Versi 25. Dalam pengujian hipotesis dilakukan uji parsial dengan uji “t”, diperoleh nilai signifikan untuk variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu fasilitas belajar (X1) sebesar 0,009<0,05 dan komunikasi keluarga (X2) sebesar 0,000 < 0,05.Besar pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa 0,384 atau 38,4%.,besar pengaruh komunikasi keluarga terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,208 atau 20,8%.Besar pengaruh variabel X1dan X2 terhadap variabel Y
Johanis Martoguhun1, Mesta Limbong2, Hotmaulina Sihotang3PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA TINGKAT MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN SE -KECAMATAN BUNTU PEPASAN| 84sebesar 0,325 atau 32,5%.Pengaruh ini masih perlu ditingkatkan dengan cara meningkatkan pengadaan fasilitas belajar yang memadai di sekolah maupun di rumah serta meningkatkan komunikasi dari pihak keluarga sebagai pemberi dukungan dan semangat belajar kepada siswa SMA dan SMK se-Kecamatan Buntu Pepasan.
Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Komunikasi Keluarga,Motivasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru, baik itu hubungan antara kepemimpinan dengan kinerja guru atau budaya kerja dengan kinerja guru maupun hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru.Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Seram Barat dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang dari 52 populasi, dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability samplingdengan bagian yang digunakan adalah simple random samplingserta dalam menganalisis digunakan statistik deskritif dan dalam uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas, uji korelasi dua variabel, uji regresi berganda dan uji hipotesis statistik.Hasil pengolahan data dengan Uji normalitas one sampel Kolmogorov-smirnov diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,200 itu berarti nilai residualnya adalah normal dan nilai korelasi diperoleh besarnya hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru adalah 0, 535 dan besarnya hubungan budaya kerja dengan kinerja guru adalah 0,0,535 hasil korelasi menunjukkan ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja dengan kinerja guru sedangkan dari hasil perhitungan regresi ganda adalah tidak ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, tidak ada hubungan antara budaya kerja dengan kinerja guru tetapi ada hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru. Dengan demikian hipotesis nol dan hipotesis alternatif sama-sama diterima.
Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Kinerja Guru
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengimlementasikan Kurikulum 2013 Dalam Education 4.0
Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggiyang melibatkan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan makna kebermanfaatan keberadaan Program Magister Administrasi Pendidikan kepada sekolah Kasih Immanuel dalam meningkatkan kompetensi mengimplementasikan kurikulum 2013. Populasi seluruh guru SD, SMP, SMA Kasih Immanuel sebanyak 15 orang dan sampel penelitian seluruh guru, namun yang hadir 12 orang. Data diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap kepala sekolah dan guru. Selain itu data diperoleh melalui instrumen pre test dan post test. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan: (1) Guru mengajar merangkap di SD, SMP, dan SMA, (2) Guru yang memenuhi standar kualifikasi pendidikan 50%, (3) Guru yang sudah tersertifikasi 25%, dan (4) Pemberian bimbingan teknis implementasi kurikulum 2013 sangat bermanfaat meningkatkan kompetensi pedagogik, personal, sosial dan profesional. Implikasi pengabdian kepada masyarakat guru semakin termotivasi melengkapi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan meningkatkan profesionalitas guru.
Kata kunci: Kompetensi, implementasi, Kurikulum 2013
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video . Untuk Meningkatkan Mutu SDM Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi pada Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal. Untuk menjamin kualitas pembelajaran tatap muka yang lebih bermakna bagi peserta didik di era new normal.Analisis ini melibatkan seluruh populasi (Nonprobability Sampling). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 61 Guru dan 32 siswa kelas VIII.1 siswa SMPN 2 Rantepao. Mutu SDM Guru SMPN 2 Rantepao melalui Pemanfaatan Teknologi cukup baik dalam memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi, sumber belajar dan sebagai alat evaluasi hasil belajar TCR masing – masing adalah 73,44%, 74,42% dan 72,13% dan juga guru – guru SMPN 2 Rantepao sudah cukup baik dalam menggunakan sumber belajar digital media video sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran dengan TCR 75,30%. Hasil analisis siswa kelas VIII.1 SMPN 2 Rantepao menunjukkan bahwa ternyata Penggunaan Sumber Belajar Digital Media Video tinggi dalam mewujudkan situasi belajar efektif kepada siswa dengan TCR 82,25% pada pembelajaran tatap muka di era new normal. Namun guru – guru SMPN 2 Rantepao masih kurang baik dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dengan TCR sebesar 63,93% dan merancang sumber belajar digital media video untuk memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan TCR 63,60%.
Kata kunci : Sumber Belajar digital, Media Video, Mutu SDM Guru, Era New Normal
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran dan PPKn pada tatap muka masa pandemi covid-19 di SMPN 2 Rantepao dan meningkatkan hasil prestasi siswa . Subjek penelitiannnya adalah guru mapel PPKn. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan literartur review dan pohon masalah,pohon harapan,Pohon alternatif/solusi. Teknik pengumpulan data, menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapatkan rendahnya kemampuan guru dalam membuat perencannaan pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Adanya kendala yang dihadapi guru dalam perencanaan pembelajaran PPKn yaitu kurangnya penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode,teknik-teknik dan media belajar yang tepat. Dari hasil penelitian ini disarankan sebaiknya. Sebaiknya pihak sekolah SMPN 2 Rantepao dalam meningkatkan prestasi siswa dan tercapainnya perencanaan pembelajaran PPKn yang baik maka perlu ;1)Mengadakan pelatihan penggunaan metode dan media pembelajaran yang baik sesuai kurikulum covid-19,2)Mengadakan sosialisasi kurikulum darurat covid-19,3)Peningkatan kompetensi guru melalui Musyawarah Guru Mata pelajaran
Kata Kunci : Kemampuan Guru,Perencanaan pembelajaran PPKn ,Tatap Muka, Pandemi Covid 19
Penyuluhan Dampak Pernikahan dini Bagi Perempuan
Pernikahan dini adalah pernikahan yang berlangsung di usia yang belum genap 18 tahun. Fenomena tersebut di Indonesia masih menjadi sorotan karena jumlahnya yang semakin meningkat. Padahal, dampak yang ditimbulkan dari pernikahan dini sangat kompleks, terutama bagi pihak perempuan. Salah satu bentuk upaya pencegahan terjadinya pernikahan dini adalah melalui pemberian penyuluhan berisi informasi kerugian atau dampak negatif dari pernikahan dini terutama bagi perempuan. Penyuluhan sebaiknya diberikan kepada berbagai pihak yang dapat berkontribusi untuk menekan angka pernikahan dini, salah satunya adalah guru di sekolah. Interaksi guru dengan murid yang cukup intens, dapat menjadi peluang bagi guru untuk memberikan pemahaman bagi siswa serta orangtua siswa mengenai kerugian atau dampak negatif dari pernikahan dini. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini memberikan penyuluhan kepada seluruh guru-guru perempuan yang mengajar di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di wilayah perkebunan kelapa sawit Pekanbaru milik PT. Astra Agro Lestari. Hasil dari penyuluhan yang diberikan adalah bahwa seluruh guru-guru sepakat dan mendukung segala upaya yang dapat menekan angka kejadian pernikahan dini di wilayah perkebunan kelapa sawit dengan meneruskan hasil dari penyuluhan ini kepada siswa-siswa maupun orangtua siswa bahwa pernikahan seharusnya dilakukan saat seseorang telah siap secara mental, sosial maupun fisik. Hal tersebut akan berdampak positif bagi generasi baru yang berkualitas.
Kata kunci: pernikahan dini, guru, perempuan
Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa, 2) menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan 3) menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja. Menggunakan angket dalam mengumpulkan data. Teknik analisa data menggunakan persamaan linier. Hasil penelitian yang di peroleh: a) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja sebesar 3,197. b) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja sebesar 3,280. c) hasil uji F signifikan (sig.) sebesar 0,000, artinya kompetensi profesional guru dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa
EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA SMA KRISTEN BARANA’ PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA NEW NORMAL
Tujuan dari Penelitian ini untuk mengevaluasi hasil belajar siswa SMA Kristen Barana’ pada pembelajaran tatap muka di masa new normal. Pembelajaran tatap muka dilaksanakan karena banyak siswa, orangtua maupun guru mengeluhkan pembelajaran yang dilakukan secara online dari rumah disebabkan sulitnya siswa menerima pembelajaran dan jaringan yang kurang memadai. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui studi literatur, observasi dan pendekatan analisis pohon masalah dengan jumlah sampel 366siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran belum tercapai disebabkan karena hasil belajar siswa yang menurun selama pembelajaran tatap muka dimasa new normal ini, sehingga perlu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa serta keterampilan guru dalam mendukung peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: evaluasi, hasil belajar, pembelajaran tatap muka, new normal
Kegiatan belajar dari rumah atau disebut juga pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan dengan memanfaatkan teknologi disinyalir memunculkan beberapa dampak negatif bagi peserta didik. Pemerintah kemudian menetapkan untuk memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan syarat-syarat yang ketat yaitu salah satunya persetujuan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persetujuan orang tua terhadap rencana pemelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menyebarkan survei sederhana kepada orang tua dan pendekatan sebab-akibat melalui analisis pohon masalah, pohon sasaran, dan pohon alternatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa SMK Santa Maria Jakarta sebanyak 356 responden. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar orang tua setuju dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta.
Kata Kunci: persetujan, orang tua, pembelajaran, tatap muka
The purpose of this study was to analyze the effect of academic supervision of school supervisors on the performance teachers of Junior High School (SMP) at Tondon District, North Toraja Regency. The method used a quantitative method with an associative research approach to causal relationships. The results showed that there was an effect of academic supervision of school supervisors on the performance teachers of Junior High School (SMP at Tondon District, North Toraja Regency. It can be seen from the results of data analysis, where tcount> ttable, with t count of 6.250 and ttable of 2.014. The results of simple linear regression analysis of the regression equation are Ŷ = 1.063+0.685X, which shows the positive effect of the school supervisor's academic supervision variable on teacher performance variables. The coefficient of determination is 0.459, which means that 45.9% of the school supervisor's academic supervision variable affects the teacher performance variable. The remaining 54.1% of teacher performance variables from other factors.
Keywords: Academic Supervision, School Supervisors, Teacher Performance
PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI PADA SMK KRISTEN TAGARI
Penelitian ini membahas tentang perencanaan yang di lakukan oleh sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemic sesuai dengan keputusan pemerintah yang akan membuka kembali pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang .Adapun tujuan penelitian ini yaitu mencari solusi alternative yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam membuat perencenaan pembelajaran tatap muka yang yang aman dari penularan covid-19. Di dalam perencanaan tersebut beberapa hal yang dapat di lakukan sekolah anatara lain: 1).Melakukan vaksinasi kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah ,2).Meningkatkan imun peserta didik,pendidik dan tenaga kependidikan, 3).Mempersiapkan sarana dan prasarana yang sesuai protocol kesehatan .Pada penelitian ini menggunakan metode kualititaif dengan pendekatan sebab-akibat yang di jabarkan dalam bentuk pohon masalah,kemudian harapan-harapan di jabarkan dalam bentuk pohon sasaran dan alternative solusi yang dapat di lakukan untuk mewujudkan harapan yang telah di tentukan sebelumnya di jabrakan dalam bentuk pohon alternative.Adappun penelitian ini di lakukan di SMK Kristen Tagrai Rantepao
SURVEY KEPUASAN MITRA KERJA SAMA DPAK 2022/2023
Penyusunan laporan hasil Survey kepuasan penggunaan Lulusan Program Studi Doktor PAK UKI
Hasil Laporan Survey kepuasan mitra kerja sama pada Program Studi Doktor PAK UKI pada tahun 2022/2023
LAPORAN SURVEY KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN DOKTOR PAK
Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen Universitas Kristen Indonesia tahun 2023
Penyusunan laporan hasil Survey kepuasan penggunaan Lulusan Program Studi Doktor PAK UKI
Nevly Wisano Powa, Witarsa Tambunan, Mesta Limbong, Magister Administrasi Pendidikan
PPs-UKI, Jakarta, Indonesia
e-mail: [email protected], [email protected]
Abstrak
Kegiatan belajar dari rumah atau disebut juga pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan dengan memanfaatkan teknologi disinyalir memunculkan beberapa dampak negatif bagi peserta didik. Pemerintah kemudian menetapkan untuk memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan syarat-syarat yang ketat yaitu salah satunya persetujuan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persetujuan orang tua terhadap rencana pemelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menyebarkan survei sederhana kepada orang tua dan pendekatan sebab-akibat melalui analisis pohon masalah, pohon sasaran, dan pohon alternatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa SMK Santa Maria Jakarta sebanyak 356 responden. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar orang tua setuju dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Kata Kunci: persetujan, orang tua, pembelajaran, tatap muka terbatas di SMK Santa Maria Jakarta.
Kata Kunci: persetujan, orang tua, pembelajaran, tatap muka
Kristina Borotoding, Mesta Limbong, Hotner Tampubolon,
Universitas Kristen Indonesia Email: [email protected] , [email protected] , [email protected] Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan pada SMK Kristen Bittuang. Teknik Sampel pada penelitian ini adalah Teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel. Berdasarkan pada rumusan masalah, hipotesis, dan hasil penelitian serta didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan pada SMK Kristen Bittuang. Hasil dari signifikansi (sig.) dalam uji t, diketahui bahwa nilai signifikansi Xsebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 ( 0,000 <0,05).
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan
Pengaruh Kompetensi Guru dan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Online di SMK Kristen Tagari
Mikael Sampebua, Mesta Limbong, Witarsa Tambunan. Program Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta
e-mail: [email protected]
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dengan pembelajaran online di SMK Kristen Tagari Rantepao. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada oenelitian ini terdiri dari 24 guru mata pelajaran umum, dan 40 orang guru mata pelajaran kejuruan, serta semua siswa kelas XI SMK Kristen Tagari Rantepao yang terdiri dari 22 Rombel dengan Jumlah siswa 576 orang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu terdapat korelasi positif antara kompetensi guru dengan pembelajaran Online di SMK Kristen Tagari hubungan antara kompetensi guru dengan pembelajaran online merupakan hubungan yang sangat kuat dan tidak dapat dipisahkan, terdapat korelasi positif antara kinerja guru dengan pembelajaran online di SMK Kristen Tagari, terdapat korelasi positif antara kompetensi guru dan kinerja guru dengan pembelajaran online di SMK Kristen Tagari.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Pembelajaran Online
PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI PADA SMK KRISTEN TAGARI
Emik Pattanang, Mesta Limbong, Witarsa Tambunan
Magister Administrasi Pendidikan PPs-UKI, Jakarta, Indonesia
e-mail: [email protected] [email protected]
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang perencanaan yang di lakukan oleh sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemic sesuai dengan keputusan pemerintah yang akan membuka kembali pembelajaran tatap muka pada Juli 2021 mendatang .Adapun tujuan penelitian ini yaitu mencari solusi alternative yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam membuat perencenaan pembelajaran tatap muka yang yang aman dari penularan covid-19. Di dalam perencanaan tersebut beberapa hal yang dapat di lakukan sekolah anatara lain: 1).Melakukan vaksinasi kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah ,2).Meningkatkan imun peserta didik,pendidik dan tenaga kependidikan, 3).Mempersiapkan sarana dan prasarana yang sesuai protocol kesehatan .Pada penelitian ini menggunakan metode kualititaif dengan pendekatan sebab-akibat yang di jabarkan dalam bentuk pohon masalah,kemudian harapan-harapan di jabarkan dalam bentuk pohon sasaran dan alternative solusi yang dapat di lakukan untuk mewujudkan harapan yang telah di tentukan sebelumnya di jabrakan dalam bentuk pohon alternative.Adappun penelitian ini di lakukan di SMK Kristen Tagrai Rantepao.
Kata Kunci: perencanaan, pembelajaran tatap muka, masa pandemi
Fery Micha Ballangan, Mesta Limbong, led V.R. Sitepu,
Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Indonesia
ABSTRACT
The article was to determine the effect of the role of teachers and learning media on the students’ achievement motivation of vehicle engineering department at State of Vocational High School (SMK N) 4 Tana Toraja. The researchers used quantitative methods. This type of research was correlational research. Because this study was to determine whether there is a relationship between the two variables. To find out the size or height of the relationship was expressed in the form of a correlation coefficient. Analysis method used regression analysis, which ws a mathematical instrument that connects the functions between the independent variable and the dependent variable. The results of this study with Partial t test (Multiple Linear Regression) Based on the SPSS output above, it shows that the value of R Square or the coefficient of determination was 0.758. It means that the ability of the independent variable to explain the dependent variable was 0.758 or 75.8%. While the rest was determined by other variables not included in the study. The other influences were 1 - 0.758 = 0.242 or 24.2%. There was influence on the role of the teacher in guiding students on the learning achievement motivation of students at vehicle engineering department SMK N 4 Tana Toraja. There was influence that the use of learning media can increase achievement motivation of TKR students majoring at SMK N 4 Tana Toraja. There was an influence on the role of teachers and the use of instructional media to increase students’ achievement motivation of vehicle engineering department at State of Vocational High School (SMK N) 4 Tana Toraja
Keywords: Learning Media, The Role of Teachers on Student Achievement, Learning Motivation
Nora Sopaheluwakan
Mesta Limbong ( [email protected] )
Lisa Gracia Kailola ( [email protected] )
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru, baik itu hubungan antara kepemimpinan dengan kinerja guru atau budaya kerja dengan kinerja guru maupun hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Seram Barat dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang dari 52 populasi, dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling dengan bagian yang digunakan adalah simple random sampling serta dalam menganalisis digunakan statistik deskritif dan dalam uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas, uji korelasi dua variabel, uji regresi berganda dan uji hipotesis statistik. Hasil pengolahan data dengan Uji normalitas one sampel Kolmogorov-smirnov diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,200 itu berarti nilai residualnya adalah normal dan nilai korelasi diperoleh besarnya hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru adalah 0, 535 dan besarnya hubungan budaya kerja dengan kinerja guru adalah 0,0,535 hasil korelasi menunjukkan ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja dengan kinerja guru sedangkan dari hasil perhitungan regresi ganda adalah tidak ada hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, tidak ada hubungan antara budaya kerja dengan kinerja guru tetapi ada hubungan secara bersamasama antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja dengan kinerja guru. Dengan demikian hipotesis nol dan hipotesis alternatif sama-sama diterima.
Kata kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Kinerja Guru
“KUAT” MENJADI GURU, MENCERDASKAN SDM BERKUALITAS
Mesta Limbong, Agustinus Palimbong , Istarjo Ismail , Hesli Toding Rongko, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, Indonesia
E-mail: [email protected] , [email protected] , [email protected] , [email protected]
Abstrak
“KUAT” dalam paparan ini sangat berhubungan erat dengan Karakter Kristus yang dapat membangun unity dalam proses pelayanannya dengan memiliki attitude, antusiasme dan tekun dalam melaksanakan tugas panggilan sebagai pendidik tekun dan profesional. Untuk itu, pendidik diharapkan mampu menindaklanjut dalam bentuk karya nya dalam proses pelayanan sebagai agent of chance di sekolah, maupun di masyarakat. Karena pendidik sebagai salah satu indikator yang menentukan keberhasilan pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Bangsa Indonesia membutuhkan SDM berkualitas dan mumpuni untuk membangun bangsa. Untuk itu, guru sebagai tenaga profesional berkontribusi dalam setiap tugas yang diembannya untuk menhasilkan SDM berkualitas melalui proses pendidikan.
Kata Kunci: Kuat; Guru Profesional, SDM Berkualitas.